Suara Penikmat Otomotif Tentang Isu Sonic 150 (FINAL PART!!!)

Disclaimer : motor yg disorot adalah milik dari asal si ayago, saya tidak mengambil keuntungan sedikitpun dari pihak manapun, tidak ada juga niat untuk mendiskriminasi atau menyudutkan pihak manapun, sorotan didasari makin panasnya isu tentang objek yg akan dibahas

catatan : untuk kenyamanan anda saat membaca artikel ini, ada baiknya buka artikel sebelum ini yang bertajuk “ Suara Penikmat Otomotif Tentang Isu Sonic 150 (Part 1)” dan ” Suara Penikmat Otomotif Tentang Isu Sonic 150 (Part 2)

data diambil dari website resmi masing masing produk, apabila ada protes karna tidak validnya data, dimohon untuk protes ke costumer pabrikan tersebut, bukan ke saya

horeee, akhirnya masuk final part, tadinya mau dibuat 4 part, tapi sepertinya part ke3 lebih banyak kearah komparasi DOHC dan SOHC, jadi saya pisahkan, ditunggu ya untuk bahasannya (akan banyak rumus yg bikin mual, jd disarankan dibaca saat perut kenyang, wkwkwkwk)
dari part 1 dan part 2 saya sudah mengulas beberapa kemungkinan mesin yg akan diusung oleh K56, dan dari kemungkinan tersebut, yg saya pikir mesin milik K15 dan K45 lah yg paling mendekati, dan kalimat mesin baru disana, itu seperti pihak garputala yg mengatakan si King mengusung mesin baru, bukan mesin MX lawas, atau vixion, tapi ternyata? ya bisa dilihat sendiri
pertanyaannya, bila benar menggunakan mesin K15 K45, kira kira, bagaimana performa si sonic ini? sementara diyakini bahwa power on crank tidak akan melibihi performa 2 motor batangan, untuk lebih jelas, mungkin kali ini saya akan bermain api, karna menurut saya, bila K56 mengusung mesin yg mirip dengan CBSF dan CBR, dan dijual di kitiran harga 18-20jt, MAKA INILAH LAWAN YANG AKAN ADA DI KOLAM YANG SAMA dengan Suzuki Satria FU
mari kita COMOT mesin CBSF untuk komparasi

CBSF :
bore x stroke = 63,5mm x 47,2mm
power maximum 17 PS di rpm 10,000
torsi maximum 13,1 Nm di rpm 8,000
SFU :
bore x stroke = 62mm x 48,8mm
power maximum 16 PS di rpm 9,000
torsi maximum 12,4 Nm di rpm 8,500
bore CBSF memiliki ukuran 1,5mm lebih besar dari SFU, dan SFU memiliko stroke lebih panjang 1,6mm, what a close one i think

melihat dari pergumulan di kelas 150cc bebek, kisaran rpm maximum ada di 8,500-9,000
sebenarnya bila dianggap vi piston maximum hanyalah 21m/s maka sonic memiliki limit yg lebih panjang dari SFU
rumusnya :
n = vt/2D10^-3
limit satria Fu ada di rpm 12,909
limit sonic ada di rpm 13,347
bedanya tidak terlalu, berkisar 438 rpm

mari kembalikan ke asumsi awal, bahwa sonic performanya tidak akan diatas CBSF apalagi CBR
sonic memiliki potensi rpm yg lebih tinggi dari satria FU sekitar 438 rpm
ada 2 kemungkinan disini
1. bila AHM ingin benar benar membunuh SFU dr suzuki, mungkin peak power sonic akan dilepas di kitiran RPM 9,500, power sonic mungkin akan lebih besar antara 0,4-0,5 HP dr satria FU, tapi bila benar demikian, MUNGKINKAH nilai penjualan CBSF akan terganggu karna hal tersebut? dari garputala, penurunan power terbilang cukup jauh (memang berbeda sudut juga sih mesinnya, NVA, NVL, dan R15 lebih tegak dari MX) power turun HAMPIR 1,2 PS
jadi untuk kemungkinan ini, saya agak meragukan, walawpun saya sih seneng kalau sonic beneran 16,5 HP on crank (bisa bisa jadi bakal calon juara IRS terus terusan ini)
2. dari pembahasan di kemungkinan 1 tadi, dan ada kemungkinan (besar) juga berbedanya sudut gerak mesin antara sonic dan CBSF, mungkin peak power ada di rpm sekitar 9,200 dan memuntahkan tenaga sekitar 16,1-16,2 PS
untuk konsumsi bensin, sepertinya sonic akan tetap lebih unggul meskipun memiliki stroke yg lebih pendek, karna dari gossipnya kan injection, memang harus di akui, bahwa injection akan lebih mudah mencapai pembakaran yg sempurna dengan sensor sensor yg njelimet
so?
power lebih besar
motor lebih irit
kayaknya sonic benar benar ancaman untuk Satria FU (maaf ya om bond, analisa saya malah lebih mengarah AHM gigit suzuki, bukan garputala, he he)
dan untuk torsi maximum, mungkin hampir sama dengan satria FU
ya setelah dipikir, memang sepertinya sudah saatnya suzuki memikirkan masa depan si SFU, sudah dari tahun 2005-2015, dari masa CBU hingga CKD, saya tidak melihat perubahan besar

sekian ulasan dari saya. bukan untuk menghujani kritik pada suzuki, saya sendiri salah satu orang yg senang dengan suzuki, karna berani membuat gebrakan segar di tahun 2005 dengan menurunkan ayago bermesin DOHC 150cc, saya rasa kalau suzuki ingin melakukan gebrakan lagi, inilah waktu yang tepat

bila ada kesalahan mohon dimaklumi
bila anda senang dengan tulisan saya, beritau orang lain, bila anda kecewa, beritau saya

Tinggalkan Balasan

