Isu Seputar K15G (Honda CB 150R SF Major Change)

Juli-Agustus 2015 memang akan terjadi banyak hal di dunia otomotif indonesia, sebagai contih 31 Juli kemarin resmi di stopnya produksi KR150 & KR 150 (baca disini : Selamat Tinggal Ninja 2 Tak)
tgl 4 kemarin menurut kabar dari sales honda di daerah cimahi, K15G sudah mulai didistrubiskan, bahkan di salah satu dealer besar kota bandung sudah dipajang sebagai display, sayangnya saya belum sempat kesana, jadi belum sempat berselfie ria
kali ini saya tidak akan terlalu menyimpang pembahasannya dengan blogger lain, yg akan saya bahas adalah sektor mesin (sektor PANAS)
apa sih yg membuatnya menarik?
langsung saja 🙂
ini spesifikasi yg lama (data diambil dari website resmi AHM)

image

ini spesifikasi mesin lawasnya
untuk spesifikasi demikian, maka para rider yg ingin meminang motor ini pasti berfikir 2x, karna pada kelas yang sama, kawasaki yg bergandengan dengan bajaj mengeluarkan produk dengan spesifikasi lebih unggul tapi harga lebih murah, yaitu Pulsar 200 NS (BR 200), bahkan fitur yg ada di Nisa 200 menurut saya lebih unggul dibanding Cibi 150, tapi memang untuk yg lebih senang riding agresif sebaiknya memilih Cibi yg lebih siap meliak liuk

image

sedikit perbandingin dengan NS 200
CB v NS
power :
12,5 KW v 17 KW
Torsi :
13,1 Nm v 18,3 Nm
bore :
63,5 mm v 72 mm
stroke :
47,2 mm v 49 mm

sangat jelas dalam perbandingan dari sektor manapun CBSF kalah TELAK dalam kelas 22-25jt stroke pendek

so? menurut saya keputusan honda merubah mesin dan lebih mepet ke sisi garputala adalah keputusan yg paling bijak

bocoran spesifikasi K15G
bore x stroke
57,3 x 57,8 (dalam milimeter)
displacement = 149,04 cc
piston speed 21m/s pada rpm = 10,899
spek ini lebih mendekari ke NVA
bore x stroke
57 x 58,7 (dalam milimeter)
displacement = 149,79 cc
piston speed 21m/s pada rpm =  10,732
power 16,36 HP (8,500)
torsi 14,5 Nm (7,500)
dengan spesifikasi demikian dan melihat dari kebiasaan H dan Y yg sering menaruh peak power pada rpm mendekati limit
saya prediksi power K15G masih lebih tinggi sedikit, di estimasikan peak power di range rpm yg hampir sama, maka power maximum akan didapat sekitar 16,49 HP, dan torsi bila pada range rpm yg sama maka torsi sekitar 14,3 Nm

dengan spek ini, SANGAT reasonable bila AHM memasukan velg dan ban gambot pada K15G, pada spek lama torsi motor ini hanya 13,1 Nm pada rpm yg lebih tinggi
dengan torsi yg lebih besar dan rpm yg lebih kecil, maka K15G akan semakin mendekat pada kompetitor dari Y, dan menjaga jarak aman dengan NS 200
prediksi saya ban depan pada motor ini akan menggunakan ukuran 90/80 dan ban belakang akan dijejali 120/70
dengan rangka teralisnya, saya yakin, K15G akan tetap lebih gesit dari NVA
ya kita tunggu saja

bagi warga bandung display sudah ada di dealer honda pusat di bandung, lupa dealer mana, wkwkwkwk

semoga bermanfaat..

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s